Cari Blog Ini

Kamis, 25 Maret 2010

Darah Tinggi dan Stroke

Penyakit darah tinggi yang kemudian dapat berdampak pada stroke sangatlah berbahaya, banyak anggota keluarga saya yang mengidap penyakit ini yang banyak orang bilang turunan, benar atau tidak hanya ahlinya yang bisa menjawabnya, untuk itu saya bayak mencari artikel tentang penyakit darah tinggi ini. berikut kutipan salah satu artikel yang saya baca dari Detik Forum:

Kondisi StrokeTekanan darah tinggi merupakan salah satu lampu merah yang paling jelas dalam mengindikasikan adanya masalah dalam jantung dan pembuluh darah seseorang. Ketika seseorang didiagnosa menderita tekanan darah tinggi maka dia memiliki kemungkinan tujuh kali lipat menderita stroke, empat kali lipat mendapatkan serangan jantung dan lima kali lipat kemungkinan meninggal karena kegagalan jantung. Dalam catatan Yang positif, terdapat langkah-langkah Yang telah terbukti dalam mengontrol tekanan darah tinggi dan bahkan membalikkan kerusakan-kerusakan Yang telah terjadi. Mari kita telaah terlebih dahulu apa itu tekanan darah tinggi sebelum mendiskusikan bagaimana mengontrolnya. Tekanan darah adalah kekuatan Yang dikeluarkan oleh jantung dalam darah pada saat bergerak dalam pembuluh darah seseorang. Bila seseorang menderita tekanan darah tinggi berarti jantungnya memompa lebih berat dibandingkan seharusnya. Tekanan darah Yang sehat berkisar di bawah 120/80, atau lebih baik di bawah 110/76. Saya menilai angka 125/85 sudah merupakan tekanan darah tinggi Yang ringan. Kebanyakan dokter setuju bila tekanan darah berada pada angka 160/100 atau lebih tinggi maka akan dikategorikan sebagai berbahaya.

Saya mengelompokkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke secara bersama karena mereka saling berhubungan dalam sistem peredaran darah tubuh. Pada kasus serangan jantung, tidak terdapat cukup darah Yang kaya akan nutrisi dan oksigen untuk memberi makan sel-sel jantung. Akibatnya, beberapa sel jantung mati. Saat sel jantung Yang mati cukup banyak, anda akan mendapatkan serangan jantung. Hal ini dapat terjadi secara tiba-tiba sebagai akibat gumpalan kolestrol/kalsium/fibrin pada arteri koroner atau sebuah embolus, yaitu gumpalan darah Yang terlepas dari bagian tubuh Yang lain dan menyumbat pembuluh koroner anda. Skenario lain apabila pembuluh koroner anda menjadi spasme, membuat aliran darah tidak lancar, atau anda bisa mempunyai plak-plak kedl Yang tidak stabil dan mengalir menuju jantung dan menyumbat pembuluh koroner sekaligus membuatnya menjadi lebih spasme. Hasil akhir dari keseluruhan kondisi di atas akan menyebabkan kurangnya darah Yang kaya akan nutrisi dan oksigen untuk mempertahankan otot jantung.

Pada stroke atau “serangan otak” seperti sering disebut orang, jaringan-jaringan otak menjadi rusak karena kurangnya alirah darah. Kurangnya darah tersebut dapat disebabkan adanya gumpalan darah dalam pembuluh darah Yang menyempit karena spasme atau artherosclerosis. Penyebab lainnya adalah ketika pembuluh darah otak mengeluarkan darah seperti kebocoran atau pecah.

Terdapat banyak perubahan gaya hidup Yang dapat dilakukan seseorang Yang menderita tekanan darah tinggi untuk melawan kondisinya. Perubahan pola makan dengan mengurangi asupan daging merah dan lemak jenuh serta menambah lebih banyak serat dan buah-buahan serta sayuran segar adalah permulaan Yang baik. Asupan garam juga perlu dikurangi dan tentu saja seseorang harus berolah raga secara teratur.

Saya percaya ada banyak alasan di balik laporan keberhasilan noni dalam membantu penderita tekanan darah tinggi. Pertama, Morinda citrifolia mengandung scopoletin, Yang telah terbukti secara ilmiah mampu memuaikan pem* buluh darah sehingga menghasilkan tekanan darah Yang lebih rendah. Alasan kedua mengapa banyak orang meng*gunakan noni untuk menolong tekanan darah tinggi karena

lebih elastis dan lebih mudah memuai. Alasan ketiga adalah melalui nutrasetikal yang terkandung dalam noni yang mampu meningkatkan kesehatan struktur sel dalam sistem peredaran darah.

Berdasarkan penelitiannya yang terbaru, dengan standar double-blind, placebo-controlled, Dr. Mian Ying Wang dari Universitas Illinois di Rockford menemukan bahwa subyek tesnya, perokok berat yang mengkonsumsi 30 hingga 120 CC TAHITIAN NONI@ Juice setiap hari selama 1 bulan, mengalami penurunan tingkat kolesterol sebesar 19% dan trigliserida yang berbahaya sebesar 20%. Sementara kelompok yang diberikan plasebo (ramuan yang secara farmakologis tidak aktif dan digunakan sebagai pembanding dalam penilaian khasiat suatu obat tertentu - Red) memperlihatkan perubahan yang tidak signifikan dalam tingkat kolesterol Dan trigliserida mereka. Penelitian ini mengindikasikan bahwa noni juice dari Tahiti mampu menurunkan tingkat kolesterol seseorang dari tingkat yang berbahaya ke tingkat yang aman dalam waktu hanya 1 bulan.

Dalam penelitian saya, dari 1.989 orang yang mengkonsumsi noni juice untuk membantu tekanan darah tinggi mereka, 85% di antaranya melaporkan adanya penurunan. Dari 2.397 orang yang mengkonsumsi noni untuk membantu gejala-gejala penyakit jantung, 77% di antaranya melaporkan gejala-gejala yang lebih ringan. Dan terakhir, dari 1.893 orang yang mengkonsumsi noni untuk membantu gejala-gejala stroke, 51% di antaranya terbantu.

Takaran Penggunaan Noni: jumlah konsumsi rata-rata dari 85% responden yang mengalarm kemajuan kesehatan yang positif untuk tekanan darah tinggi adalah 90 cc setiap hari. Sedangkan mereka yang menderita stroke dan penyakit jantung rata-rata mengkonsumsi 105 cc setiap hari.

Aku Akan Mengkonsumsi Noni Seumur Hidupku

- Michael Sossin –

Aku mulai mengkonsumsi noni juice pada bulan Maret 1997. Harapanku adalah untuk mendapatkan tekanan darah yang ter kontrol. Aku mulai dengan 60 cc setiap hari, 30 cc di pagi hari dan 30 cc sebelum makan malam. Setelah itu, aku mengubah asupan kedua menjadi sebelum tidur. Dalam beberapa hari aku memperhatikan energiku yang meningkat. Dalam dua atau tiga bulan, dokterku memperhatikan bahwa tekanan darahku mulai normal. Dia bertanya perubahan apa yang telah aku lakukan dan aku mengatakan padanya tentang noni juice. Dia berkata, walaupun skeptis, boleh-boleh saja bila aku ingin terus meminumnya. Itu hanyalah jus buah dan tidak akari menyakitiku. Hal ini berlanjut hingga setahun dengan tekanan darahku berkisar di angka 120/80 Dokterku kemudian menanyakan apakah aku bisa memberinya satu botol yang tentu saja aku berikan. Dokterku melaporkan bahwa dalam minggu pertama dia menjadi lebih berenergi dan lebih bugar. Aku menyatakan pada apotekerku bahwa aku ingin menghentikan pengobatanku. Aku berkata bahwa aku percaya noni juice adalah suatu makanan yang alami dan sanggup bekerja sama baiknya atau lebih baik daripada obat-obatan. Dia berkata bahwa dia ingin mengawasi diriku untuk beberapa waktu. Tiga bulan kemudian dia berkata bahwa aku mulai bisa mengurangi obat-obatanku secara perlahan. obat pertama yang aku kurangi adaiah Adalat XL yaitu dari 60 mg menjadi 30 mg. Setelah mengawasi aku selama tiga bulan berikutnya, apotekerku berkata bahwa aku dapat menghentikan seluruh konsumsi Adalat XL meskipun dia menginginkan aku kembali setiap minggu selama dua bulan untuk memeriksa tekanan darah. Sebagai tambahan, dia mengirimkanku untuk melakukan tes darah untuk melihat apakah aku juga bisa berhenti mengkonsumsi obat kolesterol. Aku akan terus mengkonsumsi noni juice seumur hidupku. Noni memberikanku energi yang iebih besar, perasaan yang lebih baik dan membantu terlepas dari obat-obatan yang harus aku minum sejak stroke ringan yang aku derita tahun 1994. Aku akan terus minum paling sedikit 60 cc setiap hari. Penyedia kesehatanku juga mulai mempercayai noni setelah salah satu pasiennya juga mendapatkan noni dariku. Dia juga mendapatkan hasil yang baik.

Diambil dari buku NONI JUICE (How Much, How Often, For What Edisi Keempat - mencakup informasi lebih dari 27.000 pengguna noni juice ) karya dr. Neil Solomon, MD, PhD beliau adalah seorang Dokter di Johns Hopkins Hospital dan juga seorang penulis bestseller dalam daftar New York Times, mendapatkan Schwentker Award bagi pencapaian yang istimewa di bidang riset Beliau juga pernah menjabat sebagai sekretaris Bidang Kesehatan dan Kebersihan di Maryland, Mengabdi pada komisi kegubernuran dan bertindak sebagai penasehat kesehatan bagi gubernur dan Presiden AS. Selama 18 tahun beliau telah menulis kolom kesehatan bersindikasi dunia bagi Sindikat Los Angles Times. Saat ini dr. Solomon bekerja sebagai konsultan nutrisi global bagi perusahaan, organisasi non-pemerintahan pada PBB dan WHO.

Dan dalam bukunya Beliau hanya merekomendasikan dan menggunakan Tahitian Noni Juice dalam penelitiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar